Pejuang Kebersihan

#PejuangKebersihan 😊

Saya prefer sebut itu daripada ‘tukang angkut sampah’.
Atau malah #PahlawanKebersihan ?😍

Tanpa mereka warga tak bisa terhindar dari kebingungan membuang sampah minimal dari rumah tangganya sendiri… 😥😥😥

Tadi pagi pas lihat ini, jadi diskusi sama anak2… Doakan mereka yuk nak, semoga diberi sehat lahir bathin… 😊
Bayangkan, kalau niatnya lurus, masyaa Allah di hari Raya Jumat ini mereka membersihkan kawasan, betapa mulianya… 😍😍😍

Mereka ini pahlawan lho nak, pas banget hari ini #HariPahlawan .
Semoga di masa depan mereka diberikan seragam yang mengamankan kesehatan mereka juga… 😇😇😇

👦Bolehkah jadi seperti mereka bu?
👩Boleh mengurusi kebersihan juga, tapi harus menggunakan akal dan iman yang hanya bisa didapat dengan terus belajar…
Sehingga apapun yang kita lakukan bermanfaat bagi orang lain, alam, dan tidak menyengsarakan diri sendiri dan keluarga…

#renunganJumatMubarak
#EidJumuah
#ikriyu

Iklan

Jajan Tradisional

Makanan tradisional ini biasa aja tapi sarat hikmah lho…

Penjualnya sekaligus pembuatnya, namanya pak Herman, dari jaman anak saya TK 5th yg lalu, muteri komplek kami berjalan kaki mendorong gerobaknya…

Bapak yang ramah… 😊
Kemarin baru mulai lagi berjualan setelah sekian lama karena sibuk urus istrinya.
Istrinya sedang terkena penyakit jantung…😑
Tapi beliau berkisah dengan santai dan penuh keikhlasan menerimanya…😊

Tetap bertani.
Tetap bikin #KueTradisional #lemet #getuk dan rebusan ubi, juga minuman #bajigur hangat…
Tetap berkeliling pakai gerobaknya. 😊

Saya sih dapat hikmah banget melihat bagaimana beliau memandang hidup. Semoga senantiasa sehat keluarganya dan istiqomah.

#ikriyu

Aib

.

Kalo mau ngasih orang yg bantu kamu di rumah, beratttt, tapi ngasi orang populer yg suka jahatin kamu, malah ringan… 

Ada?🤔

.

Kalo klien dibaik2in padahal minta uang suap, anak dirumah minta diajarin PRnya disuruh belajar sendiri…

Ada? 🤔

.

Kalo ngomongin orang lain jelek, tapi lupa liat bahwa kita sendiri ada jeleknya…

Ada?🤔

.

Kalo liat orang sombong jengkel, tapi sering merendahkan orang lain…

Ada?🤔

.

Kalo nyindir orang habis2an, tapi terus tega minta2 dari orang yang disindir2…

Ada?🤔

.

Ahhh sesungguhnya kejelekan orang lain itu mungkin cermin kejelekan kita yang ada di diri orang lain… 😥😥😥

.

#ikriyu

#selfremider

#duniasudahtua

#sayasudahtua

Misteri Sepiring Sate

MISTERI SEPIRING SATE
misteri? 😁😁

Iya biar asik kalo ada misterinya…
Alkisah sepiring sate tadi dibeli karena simas kepingin dibelikan sate. Pingin bener kayanya… hihi 😄😄
Ternyata pas pesan, nunggu satenya dibakar dan disiapkan dibawa pulang, ibu penjual bercerita,
“Ibu maaf ya, saya ga tahan kepingin cerita, curhat kata anak sekarang mah…”
Saya langsung ngaca. 

Apa bener saya ada tampang seperti mamah dedeh yang siap terima curhatan? 😅😅
“Yang tadi barusan beli disini itu, sering makan disini…”

Sepintas kebayang saya td papasan sama seorang laki2 gaya perlente, dan seorang perempuan berkerudung yang selesai makan disitu, pas saya baru masuk.
“Kenapa bu?”
“Saya nih ko ga tenang liat mereka bu, mereka sering beduaan disini, makan berlama2, pesanan sih banyak, tapi jarang dihabiskan, dibayar sih, tapi saya sedih aja makanan akhirnya banyak terbuang… 😐😐”
Pause. 

Saya mikir arahnya kemana ya curhatannya? 🤔
“saya ga ingin campuri urusan orang. Tapi saya kok mikir yang engga2 ya… 😣

Lihat mereka berlama2 makan. Pegang2an tangan. Kadang rangkulan. Kayanya mereka bukan suami istri deh bu… 😑”
Ah. Gosip dimulai.
“saya cuma khawatir, makanan yang saya jual jadi ga berkah, lihat pembelinya seperti itu bu… maaf ya bu. Jadi curhat saya ga tau mesti gimana kalo mereka datang… apalagi si laki2 suka telpon dan dengan suara keras keliatan nelpon *mungkin istrinya* nanya sedang dimana dsb, tapi tangannya gerayangan sama perempuan di sampingnya…”
Ya Allah!
Kipasan sate pun terasa lama jadinya 😯

Saya ga tau mesti bicara apa… 😣
Cuma bisa bilang, 

“Sabar ya bu, pas masakin buat mereka, doakan mereka diberi kesadaran sama Allah saja bu… apalh yag bisa kita lakukan selain minta sama Allah…”
“Iya bu. Itu yang saya ga kepikiran. 

Mikirnya kesel aja liat mereka asyik masyuk di warung saya bu… takut saya sama murka Allah”
Ah ibu penjual sate. 

Sungguh engkau membuat saya tercenung…

Betapa khawatir dagangannya tak menjadi berkah pada hidup orang lain walaupun dia menerima haknya hasil berjualan… 😊😊
Banyak2 doa ya manteman… 

kita di ujung zaman… 

jangan lupa doakan suami dan anak kita senantiasa terlindung dari godaan…
#ikriyu

#misteriSepiringSate

Abdullah & Abdurrahman

​ABDULLAH & ABDURRAHMAN
Dalam agama Islam, dipercaya bahwa nama adalah doa yang diberikan orang tua pada anaknya.

Nama yang baik adalah hak dari seorang anak.

Itu yang menyebabkan kami memilih nama Abdurrahman dan Abdullah untuk jagoan2 kami 👬

Abdullah artinya hamba Allah.

Abdurrahman artinya hamba Allah Yang Maha Pengasih.
^Diriwayatkan Muslim dalam Kitab Shahihnya dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

إِنَّ أَحَبَّ أَسمَائِكُمْ إِلَى اللَّهِ عَبدُاللَّهِ وَ عَبدُ الرَّحْمَنِ
“Sesungguhnya nama yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman.” (HR. Muslim no. 2132)
Anak pertama kami justru menggunakan Abdurrahman terlebih dahulu. 

Sepertinya saat mengandung dahulu, Allah benar2 memperlihatkan sifat Rahman-Nya pada kami. 🤗

Dan si ayah ngefans bener sama sosok Abdurrahman bin Auf ra yang begitu dermawan.. 🙂
Kemudian diberi kesempatan lagi memberi nama anak laki-laki, sosok Abdullah bin Masud ra yang jujur seperti mengingatkan nama lain yang disukai Allah SWT 😇
Jadilah duet Abdurrahman dan Abdullah menghiasi rumah kami…👬
Semoga mereka berdua dicintai Allah Yang Maha Pengasih sehingga kebaikan mengalir dalam karakter dan akhlak keduanya… 👬 
^pssstt… buku2 ini mudah kok dibeli di toko buku terdekat… biar anak2 ikutan kenal dua dari sosok idola kami juga… 🙄

#coretan_ikriyu

#AbdullahAbdurrahman

#doaDalamNama

Wonderful Indonesia ala ika

​WONDERFUL INDONESIA
Hari ini tetiba ada video mengenai orang berkebangsaan Inggris yang studi dan mengenalkan gamelan pada siswanya, juga seorang dari bangsa yang sama mengenalkan penggunaan terapi musik melalui gamelan di negaranya sana, mampir di timeline saya dan saya bagikan 🎥🎬
Tetiba teringat video sastra Jawa dari mahasiswa berkebangsaan Australia yang pernah saya lihat 
Juga, peluit pemanggil burung buatan Garut yang jadi mata pencaharian hidup dijual di Auckland New Zealand oleh orang sana 🐤🕊
Dan masihhhh banyak lagi, kekayaan kita yang mungkin kurang kita asah, yang justru jadi berlian bagi orang di negara lain 😏
Diskusi dengan beberapa kawan, iya, bangsa kita terkena krisis identitas.
Anak2 kurang kenal dengan seni budayanya namun malah gandrung dengan boysband ala Korea dan girlsband ala Jepang. 👬👭
Tantangan, justru ndompleng macam idola2 yang ala2 luar. Indonesian Idols, X factor Indonesia, dll 🗣
Pakaian?

Impor. Paling tidak bahannya yang impor. Katanya jauh lebih murah. Padahal buatan Indonesia world class.
Bahan makanan?

Impor. Jauh lebih mahal padahal. Petani ga jadi profesi yang membanggakan di negara agraris ini. 
Sinetron? 

Ritmenya ngikut juga, dulu Portugis (Isabela, Isaura), trus telenovela (Maria Mersi, Marimar dll), lanjut drama Jepang (Tokyo Love Story, Ordinary People dll), agak Amerika (serial Friends, MacGyver, Knight Rider dll), lanjut Taiwan (Meteor Garden dan teman2), lalu India, belakangan draKor, Turki dll… 
Teringat Aku Cinta Indonesia atau ACI, si Unyil, Losmen Srikandi dan Rumah Masa Depan jaman saya kecil. 

Sekarang anak2 saya idolanya justru Upin Ipin dengan bahasa Melayu yang khas.
Tak ada yang salah dengan akulturasi seni dan budaya sebenarnya. Tapi menurut saya, alangkah lebih arif jika kuat dahulu dengan dasar seni budaya kita sendiri terlebih dahulu. 
Suka sama grup band Cokelat yang buat lagu Merah Putih, dan remake beberapa lagu nasional. 💗

Atau alm Chrisye yang melantunkan Oh Negeriku. 💖
Tapi… seandainya ya…

Seandainya saja. 
Lebih banyak sekolah baik negeri dan swasta yang memberikan motivasi siswanya dalam mengeksplorasi budaya lokal. 
Misal, ada daerah yang eksplorasi angklung, kolintang, gamelan, dll

Ada yang mengemas tarian tradisional dalam ekskul sekolah untuk difestivalkan. 

Festival ya bukan lomba.
Bercocok tanam di lingkungan sekolah dengan varian tumbuhan obat tradisional atau sayur2an atau sekedar bunga.
Festival fotografi kecantikan alam setempat 😍😍 ini harusnya mudah lah ya, banyak yg suka traveling.
Kalau jaman saya ngetop dengan cerdas cermat dan klompencapir, coba sekarang ada kuis mengenai budaya Indonesia dengan kemasan menarik.
Agama? Ahhh ada 5 agama yang Percaya pada Tuhan Yang Maha Esa. 

Segala ritual ibadah bisa banget dengan kekayaan lokal. 

Mukena Indonesia dari bahan batik misalnya.

Atau kain Ulos dan Songket cantik untuk ibadah pernikahan.

Atau kebaya khas Bali saat Galungan.
Mengelola pariwisata jadi program khusus devisa negara. 

Taman Mini Indonesia Indah itu kalo kemasannya cantik, wuahhh makin padat dengan turis deh pastinya.
Ahhh… hutang Indonesia juga pasti cepet lunasnya. Bahkan suatu saat bisa jadi Indonesia jadi negeri dermawan…
Ahhh… saya hanya seorang ibu yang mengkhayal. Tapi dengan doa. Tak boleh berhenti berharap. 

Untuk makin cantiknya Indonesia yang terlanjur cantik dan kaya dari lahir.

#coretan_ikriyu

#wonderful_indonesia

#cinta_Indonesia
#EnsiklopediBocahMuslim

#jilid_Indonesiaku

#jilid_Seni
Membaca di buku tentang Indonesia dan Browsing ‘Wonderful Indonesia’ membuat saya merasa… kaya…

Mengenai Nabi Isa as 

​dapat share bagus dari seorang kawan, Fay Yo, di timeline nya di FB.. 😊
Nabi Isa Alaihissalam
Isa, (bahasa Arab: عيسى, `Īsā, Essa; sekitar 1 – 32M) adalah nabi penting dalam agama Islam dan merupakan salah satu dari Ulul Azmi. Dalam Al-Qur’an, ia disebut Isa bin Maryamatau Isa al-Masih. Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 29 M dan ditugaskan berdakwah kepada Bani Israil di Palestina.

Beliau Adalah Nabi yg Wajib kita Imani, Kita Hormati, Dan Kedudukan Nabi Isa ‘alaihissalam, sangat tinggi dalam Islam.

Beliau adalah 1 dari 4 Nabi yang kepadanya diturunkan Kitab Wahyu Allah.
Dan Al-Quran menyebut nama beliau, sebanyak 25 kali di dalam Al-Quran. dimulai dari kelahiran Maryam sebagai putri dari Imran, berlanjut dengan tumbuh kembangnya dalam asuhan Zakariya, serta kelahiran Yahya. Dari awal kelahirannya, kemudian berlanjut dengan pengangkatannya sebagai utusan Allah, penolakan oleh Bani Israil dan berakhir dengan pengangkatan dirinya ke surga.
Kata Isa ini diperkirakan berasal dari bahasa Aram, Eesho atau Eesaa. Yesus Kristus adalah nama yang umum digunakan umat Kristen untuk menyebutnya, sedangkan orang Kristen Arab menyebutnya dengan Yasu’ al-Masih(bahasa Arab: يسوع المسيح).

Kemudian, ia diyakini mendapatkan gelar dari Allah dengan sebutan Ruhullah dan Kalimatullah. Karena Isa dicipta dengan kalimat Allah “Jadilah!”, maka terciptalah Isa, sedangkan gelar Ruhullah artinya ruh dari Allah karena Isa langsung diciptakan Allah dengan meniupkan ruh kedalam rahim Maryam binti Imran.
Al-Qur’an menceritakan keajaiban kelahiran Isa sebagai anak Maryam tanpa ayah.
(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah). (Ali ‘Imran: 45)
* Kelahiran Nabi Isa

Muslim percaya pada konsep kesucian Maryam, yang telah diceritakan sepanjang dalam beberapa ayat dalam Al Qur’an. Menurut kisah di Al-Qur’an, Maryam selalu beribadah dan telah dikunjungi oleh malaikat Jibril. Jibril mengatakan kepada Maryam tentang akan diberikan calon anak yang bernama Isa, Maryam sangat terkejut, karena ia telah bersumpah untuk menjaga kesuciannya kepada Allah dan tetap mempertahankan hal itu dan bagaimana pula dia bisa hamil tanpa seorang lelaki, lalu Jibril menenangkan Maryam dan mengatakan bahwa perkara ini adalah perkara yang mudah bagi Allah, yang ingin membuat dia sebagai tanda untuk manusia dan rahmat dari-Nya. Seperti halnya dalam konsep penciptaan Adam tanpa ibu dan bapak.

Pembicaraan mereka terekam dalam salah satu surah di dalam Al-Qur’an

Jibril berkata; “Demikianlah”. Tuhanmu berfirman: “Hal itu adalah mudah bagiKu; dan agar dapat Kami menjadikannya suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami; dan hal itu adalah suatu perkara yang sudah diputuskan”. (surat Maryam: 21)

Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia. (Maryam: 35)
Beberapa ayat lain terkait dengan kelahiran Isa antara lain

Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia. (Ali Imran: 59)

“Dan (ingatlah kisah) Maryam yang telah memelihara kehormatannya, lalu Kami tiupkan ke dalam (tubuh)nya ruh dari Kami dan Kami jadikan dia dan anaknya tanda (kekuasaan Allah) yang besar bagi semesta alam” (Al Anbiyaa’: 21)

Setelah Isa berada di dalam rahim Maryam, ia lalu mengasingkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur. Disana ia melahirkan dan beristirahat di dekat sebuah batang pohon kurma. Isa (Yang masih Bayi) kemudian berbicara memerintahkan ibunya dari buaian, untuk mengguncangkan pohon untuk mengambil buah-buah yang berjatuhan…
* Misi sebagai nabi

Menurut teks-teks Islam, Isa diutus kepada Bani Israil, untuk mengajarkan tentang ke-esaan Tuhan dan menyelamatkan mereka dari kesesatan. Muslim percaya Isa telah disebutkan dalam Taurat, membenarkan ajaran-ajaran nabi sebelumnya. Isa digambarkan juga dalam ajaran Islam, memiliki mukjizat sebagai bukti kenabiannya, seperti berbicara sewaktu masih bayi dalam peraduan, memberikan nyawa/kehidupan pada burung yang terbuat dari tanah liat, menyembuhkan orang yang terkena lepra, menyembuhkan orang tuna netra, membangkitkan orang mati dan meminta makanan dari surga atas permintaan murid-muridnya.

Beberapa kisah menyebutkan bahwa Yahya bin Zakariyya[2] pernah bertemu dengan Isa di sungai Yordan, sewaktu Yahya pergi ke Palestina.

Beberapa ayat dari Al Qur’an yang menegaskan tentang kenabian Isa antara lain:

“ Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Alkitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi,dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) salat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka. Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”. Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya. Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia. (Maryam: 30-35) ”

“ Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata: “Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah (kepada) ku”. Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu maka sembahlah Dia, ini adalah jalan yang lurus. Maka berselisihlah golongan-golongan (yang terdapat) di antara mereka, lalu kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang zalim yakni siksaan hari yang pedih (kiamat). (Az Zukhruf: 63-65) ”

“ Al Masih putera Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan. Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu). (Al Maa’idah: 75) ”

“ Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?”. Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib”. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan)nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. (Al Maa’idah: 116-117)

* Isa dan Ruhul Qudus

Mukjizat Isa

Qur’an juga menceritakan perihal Isa yang diberikan kekuatan dengan ruh kudus oleh Tuhan.

“ Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian (dari) mereka atas sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allah meninggikannya beberapa derajat. Dan Kami berikan kepada Isa putera Maryam beberapa mukjizat serta Kami perkuat dia dengan Ruhul Qudus. Dan kalau Allah menghendaki, niscaya tidaklah berbunuh-bunuhan orang-orang (yang datang) sesudah rasul-rasul itu, sesudah datang kepada mereka beberapa macam keterangan, akan tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) di antara mereka yang kafir. Seandainya Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Akan tetapi Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya. (Al Baqarah: 253) ”

“ (Ingatlah), ketika Allah mengatakan: “Hai Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan izin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata: “Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata”. (Al Maa’idah: 110)

* Isa tidak dibunuh ataupun disalib

Al-Qur’an menerangkan dalam surat An Nisaa’:157 bahwa Isa tidaklah dibunuh maupun disalib oleh orang-orang kafir. Adapun yang mereka salib adalah orang yang bentuk dan rupanya diserupakan oleh Allah seperti Isa.“ dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. (An Nisaa’: 157)
* Isa diangkat ke langit

Muslim menyangkal adanya penyaliban dan kematian atas diri Isa ditangan musuhnya. Al-Qur’an menerangkan Yahudi mencari dan membunuh Isa, tetapi mereka tidak berhasil membunuh dan menyalibkannya. Isa diselamatkan oleh Allah dengan jalan diangkat ke langit dan ditempatkan disuatu tempat yang hanya Allah SWT yang tahu tentang hal ini. Al Qur’an menjelaskan tentang peristiwa penyelamatan ini.“ Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (An Nisaa’:158)
* Isa Turun kembali ke bumi

Dari keterangan hadist Muhammad Sallalahualaihiwassalam, diceritakan bahwa menjelang hari kiamat/akhir zaman Isa akan di turunkan oleh Allah dari langit ke bumi. Peristiwa itu tergambar dari hadist berikut:“Tidak ada seorang nabi pun antara aku dan Isa dan sesungguhnya ia benar-benar akan turun (dari langit), apabila kamu telah melihatnya, maka ketahuilah; bahwa ia adalah seorang laki-laki berperawakan tubuh sedang, berkulit putih kemerah-merahan. Ia akan turun dengan memakai dua lapis pakaian yang dicelup dengan warna merah, kepalanya seakan-akan meneteskan air waulupun ia tidak basah.”

“Sekelompok dari ummatku akan tetap berperang dalam dalam kebenaran secara terang-terangan sampai hari kiamat,sehingga turunlah Isa bin Maryam ,maka berkatalah pemimpin mereka (Al Mahdi): “Kemarilah dan imamilah salat kami”. Ia menjawab;”Tidak, sesungguhnya sebagian kamu adalah sebagai pemimpin terhadap sebagian yang lain, sebagai suatu kemuliaan yang diberikan Allah kepada ummat ini (ummat Islam).”

“Tiba-tiba Isa sudah berada di antara mereka dan dikumandangkanlah salat,maka dikatakan kepadanya, majulah kamu (menjadi imam salat) wahai ruh Allah.” Ia menjawab: ”Hendaklah yang maju itu pemimpin kamu dan hendaklah ia yang mengimami salat kamu”.

Menurut Islam, hal pertama yang dilakukan Isa setelah turun dari langit adalah menuaikan salat sebagaimana yang dijelaskan oleh hadist-hadist di atas. Isa akan menjadi makmum dalam salat yang di imami oleh Imam Mahdi.

Adapun lokasi turunnya Isa dijelaskan oleh Muhammad dalam sebuah hadist berikut:

“Isa ibn Maryam akan turun di ‘Menara Putih’ (Al Mannaratul Baidha’) di Timur Damsyik.”Kedatangan Isa akan didahului oleh kondisi dunia yang dipenuhi kedzaliman, kesengsaraan & peperangan besar yang melibatkan seluruh penduduk dunia, setelah itu kemunculan Imam Mahdi yang akan menyelamatkan kaum muslimin, kemudian kemunculan dajjal yang akan berusaha membunuh Imam Mahdi, setelah dajjal menyebarkan fitnahnya selama 40 hari, maka Isa akan diturunkan dari langit untuk menumpas dajjal. Salah satu tugas besar beliau setelah membunuh dajjal adalah menyelamatkan ummat manusia dari fitnah Ya’juj dan Ma’juj.

Wallahualambishawaab